Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Pengelola Perpustakaan Gampong Se- Banda Aceh Dibekali Pelatihan Perpustakaan

AR-RANIRY l Sebanyak 60 pengelola Perpustakaan Gampong se Kota Banda Aceh di latih dan dibekali manajemen pengelolaan Perpustakaan pada kegiatan Publikasi dan Sosialisasi Minat dan Budaya Baca tingkat Gampong Se Kota Banda Aceh Tahun 2018 bertempat di Gedung ACC Sultan II Selim Banda Aceh.

Pelatihan yang diprakarsai oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 11-12 April 2018, dengan menghadirkan sejumlah narasumber dari Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry, Perpustakaan Unsyiah dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh.

Walikota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM, melalui Staf Ahli Bidang Keistimewaan, Kemasyarakatan dan SDM, Rizal Junaedi SE dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk membangun perpustakaan gampong ada empat prasyarat mutlak yang harus dipenuhi yaitu wajib berkolaborasi dengan pemerintah, komunitas pengiat literasi, akademisi dan usahawan.

“Kota Banda Aceh memiliki 90 Gampong dan 9 Kecamatan. Dana gampong cukup besar, namun terkesan untuk pembangunan perpustakaan dan buku seolah-olah terabaikan. Padahal dana desa boleh dialokasikan untuk perpustakaan”,kata Rizal Junaedi SE

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh, Alimsyah, S.Pd., MS selaku penangungjawab kegiatan mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberi pemahaman betapa pentingnya keberadaan perpustakaan gampong dalam rangka meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat.

“Kita sengaja mengusung tema peran strategis Perpustakaan gampong dalam mewujudkan Banda Aceh sebagai kota literasi yang gemilang. Saya berharap setelah kegiatan ini perpustakaan gampong lebih diperhatikan, para peserta diharapkan mampu mengsosialisasikan betapa pentingnya keberadaan perpustakaan gampong dan lebih bertanggungjawab mengelola perpustakaan dengan baik”,kata Alimsyah.

FAH UIN Ar-Raniry dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh Jalin Kerjasama

Dalam kesempatan tersebut, pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh bersama Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry juga menandatangani nota kesepakatan kerjasama dalam hal pengembangan dan pendampingan perpustakaan gampong se kota Banda Aceh yang ditandatangani oleh Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh, Alimsyah, S.Pd.,M.S dan Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Syarifuddin, MA.,Ph.D.

Turut disaksikan oleh Kabid Perpustakaan, Drs. Muchfizar dan Sekretaris Prodi S1 Ilmu Perpustakaan, Mukhtaruddin, M.LIS dan Staf Ahli Bidang Keistimewaan, Kemasyarakatan dan SDM, Rizal Junaedi SE.

Ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry, Zubaidah, M.Ed mengatakan sebagai tindak lanjut kerjasama yang sudah ditanda tangani, dalam waktu dekat pihaknya bersama dengan mahasiswa dan alumni akan membedah salah satu perpustakaan gampong yang berada di Kota Banda Aceh.

"Kita menunggu persetujuan dari pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh untuk membedah salah satu perpustakaan gampong di Kota Banda Aceh",kata Zubaidah disela-sela kunjungan ke Perpustakaan Gampong yang akan di Bedah, Kamis (12/4/2018)

Sejauh ini, kata Zubaidah Prodi sudah turun langsung ke lapangan untuk memantau kesiapan dan komitmen dari pihak aparat gampong untuk keseriusan pengelolaan Perpustakaan setelah di bedah.

"Setelah dibedah dan di automasikan, kita akan melakukan pendampingan dengan mengirim mahasiswa magang",katanya.[Arkin Kisaran]

0 Komentar