Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Gelar Workshop HaKI

Fakultas Ushuluddin dan Filsafat pada Kamis, 12 April 2018 menggelar Workshop dan Sosialisasi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI) dengan Tema: “Melindungi Kekayaan Intelektual Menuju Lembaga Berkualitas”. Selain dihadiri oleh dosen-dosen Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, kegiatan ini juga dihadiri oleh wakil-wakil dosen dari berbagai fakultas yang di lingkungan lingkungan UIN Ar-Raniry.

Tujuan digelarnya acara ini menurut Wakil Dekan I, Maizuddin, M.Ag. adalah untuk memperkenalkan pentingnya mendapatkan hak kekayaan intelektual bagi para dosen. Penelitian dan penulisan karya ilmiah adalah kegiatan rutin dosen. Diyakini bahwa dosen-dosen fakultas Ushuluddin dan Filsafat telah banyak melahirkan sejumlah karya ilmiah, baik dalam bentuk artikel yang dipublikasikan di jurnal ilmiah, penelitian, maupun dalam bentuk buku-buku. Dalam dunia global sekarang ini, kekayaan ini perlu dilindungi. Di samping itu, adanya sertifikat HaKI dari KEMENKUMHAM memiliki nilai tambah baik bagi dosen sendiri sebagai kredit point maupun bagi prodi dan institusi untuk nilai tambah akreditasi.

Acara ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Dr. Lukman Hakim, M.Ag.  Dekan mengingatkan bahwa kita para dosen perlu menyamakan persepsi tentang perlunya HaKI ini. Selama ini ada kesalahan persepsi di mana perolehan HakI dipahami oleh para dosen haruslah atas dasar karya ilmiah pengembangan teknologi, padahal dalam bidang sosial keagamaan temuan-temuan yang diperoleh dosen memiliki nilai tersendiri yang perlu mendapatkan pengakuan.

Pemateri dalam kegiatan ini adalah Dedi Sulaiman, Ketua Yayasan Bio Mind Penanganan HKI berbadan Hukum, yang juga salah seorang dosen Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Gunung Jati Bandung. Dalam paparannya, ia menyatakan bahwa pengurusan HaKi tidaklah sulit dan harus didasarkan pada karya teknologi semata. Bahkan karya-karya dalam bentuk konsep pengembangan manajemen administrasi pun juga dapat diusulkan HaKI-nya.

0 Komentar